BI SERANG DAN PEMDA PANDEGLANG DUKUNG KLASTER KAMPUNG TERNAK DOMBA


Salah satu peran Bank Indonesia di daerah adalah turut serta dan mendukung upaya pengembangan /pemberdayaan sektor riil dan UMKM yang dilaksanakan stakeholder di daerah. Adapun salah satu pendekatan yang dipakai BI dalam pengembangan sektor riil dan UMKM adalah pengembangan komoditi dengan pola klaster.

Demikianlah yang disampaikan Deputy Gubernur Bank Indonesia Serang Andang Setyobudi ketika memberikan sambutan dalam acara Peresmian Sarana Pengembangan Klaster Kampung Ternak Domba Terpadu di Kampung Cinyurup Kelurahan Juhut Kecamatan Karang Tanjung Pandeglang, Kamis (15/12).

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Klaster yang didukung pengembangannya oleh Bank Indonesia Serang pada tahun 2011 ini salah satunya adalah klaster Kampung Ternak Domba Terpadu Juhut Pandeglang. Dasar pelaksanaannya adalah MoU BI Serang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang pada tanggal 19 Juli 2011 Tentang Pengembangan Klaster Agribisnis Terpadu Kabupaten Pandeglang.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Pandeglang mengucapkan terima kasih atas bantuan BI Serang dan Badan Litbang Pertanian serta pihak lain yang terkait dalam pengembangan klaster tersebut. “Mudah-mudahan kerjasama ini dapat terus berlanjut dalam rangka membantu untuk mewujudkan visi Kabupaten Pandeglang untuk menjadi daerah mandiri dan berkembang dibidang agribisnis dan pariwisata berbasis pembangunan pedesaan”, ungkapnya.

Kegiatan ini diisi dengan acara peresmian bangunan rumah kompos, rumah biogas, kantor sekretariat dan sarana LKM-A. Pemberian bantuan bibit buah durian, sayuran dan bibit domba unggul. Acara juga di meriahkan dengan pesta patok, lelang domba, pameran produk unggulan, kesenian debus dan kegiatan lainnya.

(humas pdg)

Tinggalkan komentar